Pemimpin, Disiplin



Bersikap disiplin dalam menentukan prioritas dan pengambilan keputusan. Pemimpin memiliki disiplin.
Durasi                          : 2 – 3 menit per peserta
Peralatan                     : tidak ada
Jumlah peserta             : > 25

Teknis :
a.       Fasilitator memberikan kesempatan kepada setiap anggota kelompokuntuk memilih satu identitas yang paling mereka sukai (bleh tokoh politik, artis, budayawan, sosiolog, pahlawan nasional, atau siapapun).
b.      Fasilitator menjelaskan cara permainan “Life Raft” ini kepada mereka, bahwa permainan ini akan selalu mengeluarkan orang diakhir putaran persentasi. Penilaianatas siapa yang bertahan atau siapa yang yang ‘dibuang’ dilakukan oleh seluruh peserta dalam”Life Raft”.
c.       Apabila pada suatu putaran tidak ada yang terpilih atau nilai sama maka ketua kelompok yang akan memutuskan siapa yang bertahan, siapay ang keluar.
d.      Masing-masing anggota kelompok akan diminta untuk mempresentasikan identitas/kepribadian yang telah mereka pilih tersebut.
e.       Presentasi tersebut dapat berupa “Mengapa saya harus selamat?” atau dapat juga berupa pernyataan-pernyataan terstruktur lainnya yang akan dibacakan oleh fasilitator.
f.       Putaran presentasi akan berjalan terus sampai peserta dalam 1 kelompok tinggal 2 orang.
g.      Pilihan untuk 2 peserta terakhir hanya akan dilakukan oleh rekan-rekan yangtelah terlebih dahulu keluar dari “Life Raft” (rakit penyelamat)

Nilai yangterkandung :
a.       Membuat satu penilaian terhadap orang lain atau mengambil keputusan atas nasib orang lain bukanlahhal yang mudah, apalagi jika itu berkaitan dengan kelangsungan hidup mereka. Dalam simulasi di atas, peserta yang ‘dibuang’ berarti kehilangan kesempatan untuk bertahan hidup dalam rakit penyelamat.
b.      Pemimpin tidak selalu membuat keputusan yang benar tetapi mereka membuat keputusan mereka dengan benar. Pemimpin dituntut untuk disiplin  dalamsegala segi kehidupannya termasuk disiplin pada saat penambilan keputusan.
c.       Area disiplin pemimpin :
(i)                 Displin berpikir : identifikasi masalah, analisis, pengambilan keputusan, tindakan
(ii)               Disiplin berbicara : mendengar, menanggapi, memuji, menegur, memarahi.
(iii)             Disiplin waktu : di kantor, di rumah, saat santai, saat berolahraga
(iv)             Disiplin peraturan : ketertiban, kebersihan, keamanan, tanggung jawab
(v)               Disiplin penampilan : pakaian kantor, pakaian rumah, pakaian santai, pakaian olahraga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar