Ikatan Panjang



Permainan Ikatan Panjang melatih peserta training agar bersama-sama dalam sebuah kelompok dapat mencari cara (sistem) yang efektif untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan. Permainan ini juga melatih sikap positif dan rela berkorban peserta untuk mencapai tujuan bersama.
Durasi                          : 10 – 15 menit
Peralatan                     : tidak ada
Jumlah peserta             : > 25 orang

Teknis  :
a.       Fasilitator menerangkan cara bermainnya, yaitu membuat sebuah jalinan dari barang milik peserta dalamkelompok tersebut, missal : ikat pinggang, kemeja, ikat rambut, sapu tangan, scarf, gelang, tali sepatu, kaos kaki, dan sebagainya. Barang-barang ini disatukan hingga membuat suatu jalinan panjang.
b.      Jumlah peserta dalam kelompok harus sama (agar adil)
c.       Fasilitator menentukan titik awal permainan (starting point) dan lama permainan misalkan 5 menit
d.      Pemenangnya adalah kelompok yang bisa membuat jalinan terpanjang.

Nilai yang terkandung :
a.       Permainan ini melatih sikap positif dan rela berkorban peserta. Dengan mengorbankan barang-barang miliknya akan membuat kelompok lebih mudahdan cepat dalam mencapai tujuannya. Terkadang dalam pekerjaan, kita sangat perhitungan terhadapa perusahaan. Belum apa-apa, kita sudah minta gaji dinaikkan, minta fasilitas, minta bonus, dan lain sebagainya padahal perusahaan masih rugi. Hal ini tidak akan menyelesaikan masalah malah orang-orang seperti ini yang Take dulu baru Give tidak akan bertahan lama dalam sebuah tim.
b.      Cara (sistem) yang tepat diperlukan untuk memenangkan permainan ini. Contoh : celana panjang jika bagian pinggang diikat di satu sisi dan bagian kedua kaki diikat yang lain maka celana panjang tersebut tidak akan maksimal penggunaannya. Tetapi jika bagiankaki kiri diikat disatu sisi dan bagian kaki kanan diikat di sisi yang lain maka celana panjang tersebut akanmenjadi lebih optimal penggunaannya (lebih panjang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar