Games Kepemimpinan

Kisah Raja dan 3 Putranya

Games Kepemimpinan ini membuat sebuah analogi dari persoalan yang diberikan. Pemimpin memiliki tujuan. Durasi sekitar 10 - 15 menit. Lebih baik dibantu dengan peralatan komputer dan LCD Proyektor. Jumlah peserta lebih dari 25 orang.
  • Fasilitator menceritakan sebuah kisah (bisa menggunakan alat bantu komputer/laptop, LCD Proyektor dan diiringi musik, dengan demikian membuat suasana pelatihan lebih hidup).
  • Di Lembah Baliem yang subur, berdiam suku Dani yang pekerjaan utamanya bercocok tanam namun gemar berperang.
Baca selengkapnya...


MENGELOLA PERUBAHAN
Permainan Mengelola Perubahan. Membuat sebuah bentuk yang benar sesuai dengan instruksi fasilitator. Pemimpin bekerja bersama-sama dengan orang yang dipimpinnya.
Durasi                         : 15 – 20 menit
Peralatan                    : tali yang cukup panjang sesuai dengan jumlah kelompok
Jumlah peserta            : > 25 orang

Teknis:
a.       Fasilitator memberikan seutas tali yang cukup panjang untuk dipegang oleh semua angota kelompok tersebut kepada masing-masing kelompok.
b.      Fasilitator menerangkan aturan permainan : setiap anggota kelompok harus memegang seutas tali tersebut dan membentuk bentuk-bentuk geometri dasar, misa : lingkaran, segitiga, kotak, bujur sangkar, jajaran genjang, trapezium, bintang dan sebagainya.
c.       Setiap kelompok yang behasil membuat bentuk yang dimaksud akan memberikan nilai. Bentuk geometri tersebut dimulai dari yang paaling sederhana (lingkaran) hingga yang paling sulit (bintang).

Nilai yang terkandung:
a.       Pemimpin yang baik mampu untuk :
(i)                 Mengarahkan orang ke suatu tujuan (driving people)
(ii)               Memotivasi orang agar mau berbuat (motivating people)
(iii)             Mengubah orang (transforming people)
Untuk bisa melakukan hal tersebut di atas, pemimpin harusbisa memberikan contoh kepada orang-orang yang dipimpinnya, dengan demikian rasa hormat akan diperoleh secara tulus dari orang yang dipimpinnya, bukan karena jabatannya tersebut.
b.      Saya yakin anda pernah mendengar 2 aturan terkenal dalamdunia kerja :
(i)                 BOS tidak pernah salah
(ii)               Jika BOS salah, lihat aturan no (i)
Anda juga pasti pernah mengalami di mana BOS memerintah dengan gaya “bossy”. “Yang penting target harus masuk! Jika tidak masuk maka saya pecat kalian semua!” Tetapi tidak pernah memberitahukan caranya, tidak pernah melihat ke lapangan, tidak pernah mendengar input dari bawahannya, tidak pernah memonitor laopran harian/kinerja bawahannya.
Ada juga pola menara gading (Asal Bapak Senang). Bawahan menunjukkan hal-hal yang sepintas terlihat baik tetapi pada akhir bulan, target tetap tidak pernah tercapai.
Seorang pemimpin yang tidak pernah mau bekerja bersama dengan orang-orang yang dipimpinnya, lambat laun akan menemui kendala seperti tersebut di atas.
Dari simulasi di atas kita dapat belajar bahwa untuk memenangkan permainan ini dibutuhkan satu komando yang jelas dan sistem (cara) yang benar. Untuk itu diperlukan pemimpin yang bisa membumi (leading by example).
 

1 komentar: