BOLAK-BALIK DI TEMPAT YANG SAMA


Mengajak peserta untuk membuka diri terhadap hal-hal baru yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya.
Durasi                          : 10 – 15 menit
Peralatan                     : computer/laptop, LCD projector
Jumlah peserta             : > 25 orang

Teknis :
a.       Fasilitator menampilkan soal berikut dalam bentuk power point (diiringi music untuk membuat suasana lebih hidup)
Seorang penjelajah berjalan kaki 15 kmke selatan, lalu berbelok dan berjalan 15 km ke timur, lalu berbelok lagi dan berjalan 15 km ke utara, dan terakhir berbelok lagi menempuh 15 km ke barat. Sang penjelajah menemukan dirinya kembali ke tempat ia menembak seeokr beruang yang tiba-tibadatang. Pertanyaan : (i) dimanakah tempat sang penjelajah berada? (ada 2 kemungkinan utama dan beberapa kemungkinan tambahan) dan (ii) apa warna beruang yang ditembaknya?
b.      Fasilitator memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk berdiskusi selama jeda waktu tertentu (± 5 menit)
c.       Kelompokj yang terlebih dahulumemberikan jawabannya adalah pemenangnya.
d.      Alternative : soal tersebut bisa ditanyakan kepada masing-masing peserta (dengan demikian pemenangnya adalah individu, bukan kelompok).

Nilai yang terkandung :
a.       Umumnya parapeserta akan menggunakan insting mereka untuk mnjawab (asal cuap). Tetapi fasilitator harus mampu berperan untuk mengarahkan pemikiran-pemikiran peserta keluar dari “aturan umum”. Contoh : target sales setiap bulan cenderung naik. Jika menggunakan cara yang sama seperti bulan-bulan yang sebelumnya, hamper bisa dipastikan sales yang tercapai tidak akan mengikuti naik.untuk itu diperlukan “brainstorming” (bertukar pikiran/ide) agar dapat memancing ide-ide baru keluar ataupun ide lama tetapi dikemas sedemikian rupa (disempurnakan sehingga tetap menarik ketika dilempar ke pasar.
b.      Ada 2 kemungkinan utama untuk berjalan sejauh 15 km ke selatan, ke timur, ke utara, dan terakhir ke barat tanpa menemui rintangan seperti pohon/rawa/sungai, dan sebagainya yaitu: di padang pasir dan di kutub. Tetapi beruang hidup di kutub bukan di padang pasir dan warna beruang kutub tersebut adalah putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar