ROTI PANGGANG



Mengajak peserta untuk melepaskandiri dari batasan-batasan pemikiran yang sering menghambat kreativitas dan untuk membuka diri seluas-luasnya bagi suatu perubahan yang positif.
Durasi                          : 10 – 15 menit
Peralatan                     : computer/laptop, LCD projector
Jumlah peserta             : > 25 orang

Teknis :
a.       Fasilitator menampilkan soalberikut dalam bentuk power point (diiringi music untuk membuat suasana lebih hidup)
Anda adalah seorang Penjelajah Alam yang sedang berekspedisi di suatu daerah di pedalaman Irian Jaya. Di sana baru saja masuk listrik. Sementara itu untuk sarapan pagi Anda dapat memanggang roti. Panggangan roti yang ada di sana adalah panggangan roti model lama (buatan tahun 1940).
Alat tersebut dapat memanggang 2 potong roti sekaligus, tetapi hanya dapat memanggang 1 sisi saja. Pertama-tama Anda meletakkan roti dialat terebut, dan setelah 30 detik, balikkan sisinya dan panggang lagi selama 30 detik.
Nah ini masalahnya. Setiap pagi Anda harus memanggang 3 potong roti untuk sarapan. Sementara itu waktu yang tersedia hanya 1,5 menit. Bagaimana cara Anda melakukannya dalam waktu 1,5 menit?
b.      Fasilitator memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk berdiskusi selama jeda waktu tertentu (± 5 menit).
c.       Kelompokj yang terlebih dahulumemberikan jawabannya adalah pemenangnya.
d.      Alternative : soal tersebut bisa ditanyakan kepada masing-masing peserta (dengan demikian pemenangnya adalah individu, bukan kelompok).

Nilai yang terkandung:
a.       Simulasi ini melatih(“membaksa”) peserta untuk berpikir (menganalisis) dan bersikappositif. Peserta yang pasif/negative akan cuek, malas berpikir, masabodoh, bahkan tidak mau terlibat dalam kelompok. Di sinilah peran seorang fasilitator sangat dibutuhkan. Mengajak peserta untuk bersama-sama mencari jawabannya. Solusinya ada,hanya tidak bisa/tidak lazim untuk dilakukan dengan cara yang konvensional (biasa). Dengan demikian, pesertadiajak untuk mau membuka diri danberpikir di kuar “aturan-aturan umumnya”.
b.      Ada orang gila yangamengharapkan hari esok  lebih baik daripada hari ini jika apa yang dikerjakan setiap harinya adalah sama. Demikian pula, kreativitas seseorang menentukan masa depan orang tersebut. Jika sseseorang tidak pernah mempunyai ide-ide yang baru, hanya melakukan rutinitas, bermental pasif maka orang tersebut tidak akan pernah berkembang dan tidak akanbisa mengikuti jaman yang terus berubah.
c.       Untuk memudahkan, ketiga potong roti tersebut kita namakan : Roti A, roti B, roti C. 30 detik pertama, kita masukkan roti A dan B. Kita balik roti A, keluarkan roti B, dan masukkan roti C pada 30 detik kedua. Tiga puluh detik terakhor, kita keluarkan roti A (yang sudah matang kedua sisinya), baliklah roti C, dan masukkan kembali roti B (untuk memanggang sisi yang belum terpanggang). Dengan demikian dalam waktu 1,5 menit, ketiga roti tersebut telah matang pada kedua sisinya dan siap untuk disantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar