Cara Membuat Kesan Simpatik pada Pandangan Pertama


Kesan simpatik pada pandangan pertama selalu menggoda. Seseorang dapat berubah pendiriannya bila ia terpesona dengan orang yang pada pandangan pertama telah mempesonanya. Orang yang tadinya tidak tertarik dengan Anda, menjadi tertarik dan antusias mendengarkan apa yang akan Anda bicarakan.
Kepandaian memberikan kesan pertama yang simpatik sangat penting dikuasai ketika Anda ingin menjual partai. Apalagi sebagian orang ada yang mempunyai pandangan negatif terhadap partai dan orang yang menjualnya. Oleh karena itu, kesan pertama yang simpatik merupakan saat-saat kritis yang sangat menentukan apakah orang lain akan tertarik atau tidak dengan apa yang akan Anda tawarkan.
Jika ia sudah tidak tertarik dengan Anda pada pandangan pertama, susah bagi Anda untuk menarik perhatiannya lebih lanjut. Apalagi mengharapkan ia mau mendengarkan dan menerima ide-ide Anda dalam menjual partai.
Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menciptakan kesan simpatik pada pandangan pertama adalah,
  1. Anda harus berprasangka baik terhadap orang lain
Orang lain akan bersikap seperti apa yang Anda sangkakan. Jika belum apa-apa Anda sudah berprasangka negatif terhadap orang lain, maka orang lain akan mengetahuinya melalui sikap Anda. Ia kemudian juga akan membangun prasangka negatif terhadap Anda persis seperti apa yang Anda sangkakan kepadanya. Akhirnya, Anda menjadi sulit untuk melakukan pendekatan lebih lanjut kepadanya. Hal itu karena Anda mungkin tanpa Anda sadari telah lebih dahulu memberikan prasangka negatif kepadanya.
Anda mungkin tidak menduga bahwa prasangka sangat menentukan keberhasilan Anda dalam memberi kesan pertama yang simpatik pada orang lain. Tapi hal ini sangat masuk akal. Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Jika Anda berpikir tentang orang lain dengan pandangan tertentu, maka tanpa Anda sadari seluruh ekspresi tubuh Anda akan bersikap seperti apa yang Anda pikirkan tentang orang lain itu. Ini seperti Anda sedang bercermin. Ketika Anda bercermin perasaan hati Anda akan terlihat pada wajah dan ekspresi tubuh Anda. Begitu pun ketika Anda berprasangka kepada orang lain, orang lain akan menjadi cermin dari prasangka Anda.
Contoh prasangka negatif adalah ketika Anda memandang orang lain lebih rendah dari Anda. Atau ketika Anda belum apa-apa sudah menyimpulkan bahwa orang lain akan menolak apa yang akan Anda tawarkan. Atau Anda sudah membayangkan bahwa orang lain tidak akan mudah mau berkenalan dan menerima kehadiran Anda. Berbagai prasangka negatif itu akan menyulitkan Anda untuk melangkah lebih jauh dalam menjual partai Anda.
Karena itu, prasangka negatif harus dihindari dan diganti dengan prasangka positif. Yang dimaksud prasangka positif adalah ketika Anda menanamkan keyakinan bahwa orang lain pada dasarnya baik dan mau menerima kehadiran Anda. Anda tidak memandang diri Anda lebih rendah atau lebih tinggi daripada orang lain. Anda juga merasa yakin bahwa upaya Anda untuk menjual partai akan berhasil. Semua prasangka positif itu akan memantul dalam ekspresi wajah dan sikap tubuh Anda, sehingga orang lain juga akan merasakannya dan kemudian lebih menerima kehadiran Anda. Perlu diketahui bahwa orang akan lebih menerima Anda, ketika Anda juga menerima orang lain apa adanya. Inilah hokum hati yang perlu Anda camkan.
Untuk menumbuhkan prasangka positif dalam diri Anda dan menghindari prasangka negatif ketika bertemu orang lain, maka Anda perlu lebih banyak melihat sisi positif seseorang. Hanya dengan keinginan yang kuat untuk focus pada hal yang positif maka Anda akan mendapatkan lebih banyak kebaikan dari orang lain.
  1. Melangkahlah dengan mantap dan berenergi
Perhatikan sikap tubuh saat berjalan dan berdiri. Tulang punggung Anda hendaknya tegak lurus. Untuk merasakan hal ini, cobalah Anda menyandar ke dindingdengan tumit yang juga menyentuh dinding. Posisi tegak lurus tadi perlu terus dijaga saat Anda duduk atau berdiri dan berjalan. Manfaatnya selain memberi kesan siap juga akan menghindari Anda dari sakit punggung. Sikap tubuh yang siap saat berjalan dan berdiri memancarkan energi yang akan menambah kekuatan Anda.
  1. Senyumlah dengan tulus
“ Jangan tersenyum kecuali Anda melakukannya dengan berbahagia” adalah nasehat untuk para pemimpin yang ingin tampil berwibawa. Ketika Anda menjual partai tanpa tersenyum, niscaya target hanya akan melirik dengan sebelah mata pada Anda. Cobalah untuk tersenyum, karena ini adalah hadiah ternudah yang bisa Anda berikan bagi target Anda. Senyum yang tulus adalah sarana yang tepat untuk menumbuhkan simpatik orang.
  1. Ciptakan kontak pandang yang hangat
Dengan kontak pandang di awal pertemuan, seseorang akan merasa diperhatikan. Kontak pandang yang hangat membuat target Anda terpengaruh suasana positif sehingga ia bersedia mendengar. Tentunya agar pertemuan tersebut tidak diartikan salah, jangan memandang langsung ke dalam matanya. Pada detik berikutnya Anda perlu mengalihkan pandangan pada bagian atas hidung di antara kedua matanya. Cara ini mencegah Anda memandang target dengan pandangan menusuk dan terlalu agresif. Walau Anda memandang bagian atas hidungnya, ia tetap akan merasa bahwa Anda memandang matanya.
  1. Jika Anda baru pertama kali bertemu dengan target, perkenalkan nama Anda dan minta ia menyebutkan namanya
Lalu di tengah-tengah pembicaraan dengannya sebut terus namanya. Target akan merasa dihargai jika Anda sering menyebut namanyadi tengah-tengah percakapan.
Agar Anda mudah mengingat cara membuat kesan pertama yang simpatik ini, ingatlah kata-kata berikut ini, TUNJUKKAN Anda memandang penting orang lain, niscaya Anda akan memperoleh simpatik darinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar