POLISI DAN PENCURI



Simulasi yang meniru kejadian dalam kehidupan nyata, yaitu: polisi memburu pencuri. Melatih kekompakan dan koorinasi peserta, membuat peserta untuk aktif bergerak, dan mencairkan suasana. Dengan demikian peserta akan merasa lebih bersemangat dan positif dalam mengikuti acara-acara selanjutnya.
Durasi                         : 15 – 20 menit
Peralatan                     : Hulahop, Sarung, atau Tali Cord, Tali raffia
Jumlah                         : > 25 orang

Teknis:
a.       Peserta membentuk sebuah lingkaran besar dan saling berpegangan tangan.
b.      Syarat: pegangan tangan tersebut tidak boleh terlepas.
c.       Fasilitator menyiapkan dan memakaikan lingkaran hulahop (polisi) kepada salah satu peserta dan sarung (pencuri) kepada salah satu peserta lainnya.
d.      Jarak antara peserta yang memakai lingkaran hulahop dengan yang memakai sarung diusahakan terpaut sekitar 7-8 peserta.
e.       Pemakaian hulahop dan sarung adalah seperti selempang (dari pundak ke pinggang)
f.       Fasilitator memberikan aba-aba mulai, dengan tangan yang masih tetap berpegangan, peserta (yang berteriak sebagai polisi) mulai memindahkan lingkaran hulahoop ke rekan di sebelahnya berusaha untuk menangkap peserta yang bertindak sebagai malingnya
g.      Peserta yang bertindak sebagai maling juga harus berusaha agar tidak tertangkap dengan cara secepat mungkin memindahkan sarung tersebut ke rekan disebelahnya tanpa melepaskan pegangan tangannya.
h.      Permainan bisa searah jarum jam ataupun berlawanan. Perhatikan pemakaian lingkaran hulahop dan sarung. Jika searah jarum jam maka lingkaran hulahop dan sarung di pasang pada pundak kanan. Jika berlawanan maka dipasang pada puncak kiri.
i.        Pencuri tertangkap ketika lingkaran hulahop dan sarung berada pada satu orang yang sama.
j.        Permainan bisa diulang sampai dengan beberapa kali untuk memberikan kesempatan yang sama kepada semua peserta.
k.      Alternative bisa menggunakan tali cord (polisi) dan tali raffia (maling).

Nilai yang terkandung:
a.       Melatih keselar4asan gerak antara peserta karena untuk memindahkan sarung lebih sulit dibandingkan dengan memindahkan lingkaran hulahop. Orang yang melakukan gerakan yang sama akan merasa sehati (berada dalam situasi dan kondisi yang sama) sehingga melatih peserta untuk merasakan kebersamaan sebagai suatu tim. Bagi peserta dari satu perusahaan yang sama, kerja sama tim antara atasan bawahan akana membawa peserta untuk lebih akrab dan mengenal satu sama lainnya (kelebihan, kekurangan, sifat, karakter, pemikiran, visi dan sebagainya). Bagi peserta umum, kerja sama tim akan membuka ruang komunikasi, perkenalan, dan kesempatan.
b.      Melatih sikap positif untuk mau berpartisipasi aktif (ikut bergerak dan bermain) dan mencairkan suasana yang tegang, yang serius, yang ngantuk, yang kurang bersemangat dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar