Pilihan Hidup


Kisah Pilihan Hidup. Fasilitator menyiapkan tiga buah benda: wortel. Wortel, telur, dan bubuk kopi. Masing-masing peseta diminta untuk memilih satu benda yang paling disukainya dari ketiga benda tersebut. permainanini bertujuan untuk mengingatkan peserta agar berkonsentrasi sepenuhnya dan bersikap positif selama training.
Durasi                          : 15 – 20 menit
Peralatan                     : Wortel, telur, bubuk kopi
Jumlah Peserta            : > 25 orang

Teknis:
a.       Fasilitator memperlihatkan tiga buah benda, yaitu: wortel, telur, dan bubuk kopi kepada peserta.
b.      Fasilitator meminta kepada peserta untuk memilih benda yang paling disukai (hanya boleh satu) dari ketiga benda tersebut.
c.       Peserta diminta untuk menghubungkan benda yang dipilih tersebut dengan pengalaman hidupnya, misalkan seseorang memilih wortel karena sifat orang tersebut yang keras (wortel itu keras dan kaku), seseorang memilih bubuk kopi karena sifat orang tersebut yang suka membantu sesama (bubuk kopi menebarkan aroma wangi yang khas ke sekitarnya), dan sebagainya.
d.      Setelah seluruh peserta memilih, kemudian fasilitator menjelaskan apa makna daripada masing-masing pilihan tersebut.
e.       Ketiga benda tersebut diilustrasikan akan dimasukkan ke dalam air mendidih (air mendidik adalah masalah-masalah hidup yang dihadapi). Wortel yang dimasukkan ke dalam air mendidih setelah beberapa saat sifat dasar yang awalnya keras dan kaku menjadi lembut dan mudah dikunyah; Telur yang awalnya fragile (mudah pecah) setelah direbus bagian isi dalamnya menjadi keras; Bubuk kopi yang dididihkan walaupun tinggal ampas tapi malah mengubah air yang semulah jernih menjadi hitam.
f.       Pertanyaan ini yang kemudian harus dijawab oleh peserta: Apakah mereka mau menjadi seperti wortel? Atau telur? Ataukah seperti bubuk kopi?

Nilai yang terkandung:
a.       Peserta diminta untuk merenungkan pilihan hidup apa yang ingin dibuat berkaitang dengan ketiga benda tersebut di atas: wortel, telur dan bubuk kopi.
b.      Wortel itu ibaratnya seseorang memulai suatu pekerjaan dengan semangat, kekuatan, dan ketegasan tapi setelah menghadapi masalah-masalah pada akhrinya keluar sebagai seseorang yang loyo, tidak bersemangat, dan putus asa. Jangan menjadi wortel!
c.       Telur itu ibaratnya memulai sesuatu dengan hati yang baik dan bersih tetapi karena masalah dan lingkungan sekitarnya, orang tersebut menjadi kasar, egois, keras, dan tidak mau peduli lagi terhadap orang lain. Jangan mau menjadi Telur!
d.      Bubuk kopi malah mengubah air yang mendidik dari warna jernih menjadi hitam. Bubuk kopi yang mengubah masalah dan lingkungannya. Semakin panas airnya, semakin enak dan harum kopinya, bukan?! Jadilah seperti bubuk kopi yang mengubah sekitarnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar