Kisah Raja dan 3 Putranya

Membuat sebuah analogi dari persoalan yang diberikan. Pemimpin memiliki tujuan. Durasi sekitar 10 - 15 menit. Lebih baik dibantu dengan peralatan komputer dan LCD Proyektor. Jumlah peserta lebih dari 25 orang.
  • Fasilitator menceritakan sebuah kisah (bisa menggunakan alat bantu komputer/laptop, LCD Proyektor dan diiringi musik, dengan demikian membuat suasana pelatihan lebih hidup).
  • Di Lembah Baliem yang subur, berdiam suku Dani yang pekerjaan utamanya bercocok tanam namun gemar berperang. Suku ini dipimpin oleh seorang raja yang sangat bijaksana. Beliau memiliki 3 orang putera yang telah dewasa. Karena Raja telah tua maka ia memanggil ketiga puteranya. Mereka diberi sebuah tugas, yaitu: masing-masing harus mendaki Gunung Jayawijaya dan membawa sesuatu yang menurut mereka paling berharga dari puncak Gunung tersebut. "Barangsiapa dari kalian yang dapat membawa barang yang paling berharga, akan menggantikan aku sebagai Raja!". Putera pertama berangkat dan pulang membawa sebuah batu dengan 7 warna yang amat berkilau. Putera kedua berangkat dan pulang membawa seikat bunga Edelweis yang sangat langka. Putera ketiga akhirnya berangkat dan pulang tanpa membawa apapun. Namun ia bercerita mengenai pemandangan indah yang dilihatnya di balik Gunung Jayawijaya, yaitu: sebuah daerah yang dialiri oleh 2 anak sungai dan sangat subur.
  • Siapakah yang akan terpilih menggantikan sang Raja?
  • Jawaban: Yang dipilih adalah putera ketiga karena ia memiliki visi ke depan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar