Kisah Raja dan 3 Putranya
Games Kepemimpinan ini membuat sebuah analogi dari persoalan yang diberikan. Pemimpin memiliki
tujuan. Durasi sekitar 10 - 15 menit. Lebih baik dibantu dengan
peralatan komputer dan LCD Proyektor. Jumlah peserta lebih dari 25
orang.
- Fasilitator menceritakan sebuah kisah (bisa menggunakan alat bantu komputer/laptop, LCD Proyektor dan diiringi musik, dengan demikian membuat suasana pelatihan lebih hidup).
- Di Lembah Baliem yang subur, berdiam suku Dani yang pekerjaan utamanya bercocok tanam namun gemar berperang.
MENGELOLA PERUBAHAN
Permainan Mengelola Perubahan. Membuat sebuah bentuk yang benar
sesuai dengan instruksi fasilitator. Pemimpin bekerja bersama-sama dengan orang
yang dipimpinnya.
Durasi : 15 – 20 menit
Peralatan : tali yang cukup panjang sesuai dengan jumlah
kelompok
Jumlah peserta : > 25 orang
Teknis:
a.
Fasilitator memberikan seutas
tali yang cukup panjang untuk dipegang oleh semua angota kelompok tersebut
kepada masing-masing kelompok.
b.
Fasilitator menerangkan aturan
permainan : setiap anggota kelompok harus memegang seutas tali tersebut dan
membentuk bentuk-bentuk geometri dasar, misa : lingkaran, segitiga, kotak,
bujur sangkar, jajaran genjang, trapezium, bintang dan sebagainya.
c.
Setiap kelompok yang behasil
membuat bentuk yang dimaksud akan memberikan nilai. Bentuk geometri tersebut
dimulai dari yang paaling sederhana (lingkaran) hingga yang paling sulit
(bintang).
Nilai yang terkandung:
a.
Pemimpin yang baik mampu untuk :
(i)
Mengarahkan orang ke suatu tujuan
(driving people)
(ii)
Memotivasi orang agar mau berbuat
(motivating people)
(iii)
Mengubah orang (transforming people)
Untuk
bisa melakukan hal tersebut di atas, pemimpin harusbisa memberikan contoh
kepada orang-orang yang dipimpinnya, dengan demikian rasa hormat akan diperoleh
secara tulus dari orang yang dipimpinnya, bukan karena jabatannya tersebut.
b.
Saya yakin anda pernah mendengar
2 aturan terkenal dalamdunia kerja :
(i)
BOS tidak pernah salah
(ii)
Jika BOS salah, lihat aturan no
(i)
Anda
juga pasti pernah mengalami di mana BOS memerintah dengan gaya “bossy”. “Yang
penting target harus masuk! Jika tidak masuk maka saya pecat kalian semua!”
Tetapi tidak pernah memberitahukan caranya, tidak pernah melihat ke lapangan,
tidak pernah mendengar input dari bawahannya, tidak pernah memonitor laopran
harian/kinerja bawahannya.
Ada
juga pola menara gading (Asal Bapak Senang). Bawahan menunjukkan hal-hal yang
sepintas terlihat baik tetapi pada akhir bulan, target tetap tidak pernah
tercapai.
Seorang
pemimpin yang tidak pernah mau bekerja bersama dengan orang-orang yang
dipimpinnya, lambat laun akan menemui kendala seperti tersebut di atas.
Dari
simulasi di atas kita dapat belajar bahwa untuk memenangkan permainan ini
dibutuhkan satu komando yang jelas dan sistem (cara) yang benar. Untuk itu
diperlukan pemimpin yang bisa membumi (leading by example).
bagaimana memecahkan games ini?thanks
BalasHapusagak sulit menurut saya sih
BalasHapus