Kekuatan Penjepit

Melatih Kreativitas masing-masing peserta dengan menuliskan sebanyak mungkin manfaat penjepit kertas berdasarkan pengalaman hidupnya.
  • Durasi permainan selama 5 menit
  • Peralatan yang dibutuhkan berupa kertas dan alat tulis peserta
  • Jumlah peserta lebih dari 25 orang
  • Teknis: Fasilitator meminta masing-masing peserta untuk menuliskan semua manfaat penjepit kertas yang terpikirkan dalam waktu 2 menit.
  • Pemenangnya adalah yang menyebutkan paling banyak manfaat penjepit kertas.

Kisah Raja dan 3 Putranya

Membuat sebuah analogi dari persoalan yang diberikan. Pemimpin memiliki tujuan. Durasi sekitar 10 - 15 menit. Lebih baik dibantu dengan peralatan komputer dan LCD Proyektor. Jumlah peserta lebih dari 25 orang.
  • Fasilitator menceritakan sebuah kisah (bisa menggunakan alat bantu komputer/laptop, LCD Proyektor dan diiringi musik, dengan demikian membuat suasana pelatihan lebih hidup).
  • Di Lembah Baliem yang subur, berdiam suku Dani yang pekerjaan utamanya bercocok tanam namun gemar berperang. Suku ini dipimpin oleh seorang raja yang sangat bijaksana. Beliau memiliki 3 orang putera yang telah dewasa. Karena Raja telah tua maka ia memanggil ketiga puteranya. Mereka diberi sebuah tugas, yaitu: masing-masing harus mendaki Gunung Jayawijaya dan membawa sesuatu yang menurut mereka paling berharga dari puncak Gunung tersebut. "Barangsiapa dari kalian yang dapat membawa barang yang paling berharga, akan menggantikan aku sebagai Raja!". Putera pertama berangkat dan pulang membawa sebuah batu dengan 7 warna yang amat berkilau. Putera kedua berangkat dan pulang membawa seikat bunga Edelweis yang sangat langka. Putera ketiga akhirnya berangkat dan pulang tanpa membawa apapun. Namun ia bercerita mengenai pemandangan indah yang dilihatnya di balik Gunung Jayawijaya, yaitu: sebuah daerah yang dialiri oleh 2 anak sungai dan sangat subur.
  • Siapakah yang akan terpilih menggantikan sang Raja?
  • Jawaban: Yang dipilih adalah putera ketiga karena ia memiliki visi ke depan.
 

Permainan Kotak Ping Pong

Permainan kotak ping pong. Berdasarkan kelompok yang telah dibuat sebelumnya, masing-masing kelompok memilih 5 orang pemain (boleh kurang atau lebih disesuikan dengan jumlah peserta dalam kelompok tersebut). Lima peserta yang terpilih harus berusaha untuk memasukkan bola ping pong ke dalam box kecil yang disediakan. Sisa peserta harus menjadi supporter (pendukung). Permainan ini melatih peserta agar mempunyai persepsi yang sama tentang suatu target atau tujuan dan saling mendukung untuk mencapai tujuan.
Permainan ini berdurasi 15-20 menit. Peralatan yang dibutuhkan berupa bola ping pong dan box kecil (sebanyak jumlah kelompok). Jumlah peserta lebih dari 25 orang.
Teknis pelaksanaan:
  • Setiap kelompok memilih 5 orang pemain.
  • Satu persatu dari 5 orang pemain yang terpilih akan bergantian untuk memasukan bola ping pong ke dalam box kecil yang disediakan.
  • Fasilitator harus menentukan batasan/garis dimana semua pemain dari masing-masing kelompok boleh melempar. Jika melewati garis tersebut maka didiskualifikasi. Box diletakkan sekitar 2 meter dari garis untuk melempar.
  • Peserta yang tersisa dalam masing-masing kelompok harus menjadi supporter yang mendukung 5 rekannya yang bertanding.
  • Pemenangnya adalah yang terbanyak memasukan bola ping pong ke dalam box.
  • Selanjutnya fasilitator berdiskusi dengan peserta untuk mengambil manfaat dari permainan tersebut.

Permainan "Menelanjangi"

Pertanyaan dimulai dengan "Apakah yang dimaksud dengan Strip?. Biasanya peserta mulai berbisik-bisik dan menjawab bahwa strip adalah garis. Fasilitator dengan bercanda mengatakan bahwa 'strip' adalah 'telanjang'. Peserta mulai tertawa atau mengomentari satu dengan yang lainnya. Memang permainan ini bertujuan untuk "menelanjangi" peserta.
Durasi permainan 15-20 menit. Tidak ada peralatan yang digunakan dengan jumlah peserta lebih dari 25 orang.
Teknis permainan adalah sebagai berikut:
  • Peserta membentuk sebuah lingkaran.
  • Satu peserta ditunjuk secara acak untuk memulai berhitung mulai dari angka 1 kemudian diikuti temannya searah jarum jam.
  • Sampai pada hitungan ke 7, peserta tidak boleh mengucapkan 7 tetapi diganti dengan tepuk tangan oleh peserta yang bersangkutan.
  • Setelah tepuk tangan kemudian dimulai lagi dari angka 1, 2, 3 dan seterusnya.
  • Pengucapan angka-angka tersebut semakin lama harus semakin cepat. Penalti diberikan jika: terlambat bersuara, mengucapkan kata yang dilarang (angka 7), bertepuk tangan pada angka biasa dan salah mengucapkan urutan angka.
  • Jika sudah mahir maka tingkat kesulitan ditambah secara bertahap misalkan berhitung untuk mencapai angka 30 dengan syarat kelipatan 7 yaitu 7, 14, 21 dan 28 tidak boleh diucapkan tapi harus diganti dengan tepuk tangan.
  • berikutnya tingkat kesulitan ditingkatkan dengan ditambah syarat kelipatan tujuh dan yang ada angka 7 nya yaitu 7, 17, 27 tidak boleh diucapkan tapi diganti dengan tepuk tangan.
  • Terakhir arah putaran berhitung menjadi berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Selanjutnya fasilitator menggali pelajaran dari permaian tadi dari peserta.
Semoga bermanfaat.

Nomor Ajaib

Peserta diminta untuk menuliskan sebuah nomor sebanyak 7 digit. Setelah itu peserta diminta untuk melakukan langkah-langkah yang diinstruksikan oleh fasilitator. Jika langkah tersebut dilakukan dengan tepat maka peserta akan mendapatkan angka atau nomor telepon yang tadi dituliskan. Biasanya peserta akan kagum dan menaruh fokus lebih kepada fasilitator untuk mendengarkan apa yang akan disampaikan selanjutnya.
Durasi permainan ini selama 10 menit. Peralatan yang dibutuhkan adalah kertas dan alat tulis sejumlah peserta. Jumlah peserta lebih dari 25 orang. Teknis pelaksanaan sebagai berikut:
  • Fasilitator meminta peserta untuk mencatat tiga digit pertama dari angka atau nomor yang dituliskannya . contoh: no 1234567 berarti 3 digit pertama adalah 123.
  • Kalikan tiga digit tersebut dengan angka 80
  • Ditambahkan 1
  • Kalikan 250
  • Tambahkan dengan 4 digit terakhir dari angka atau nomor yang di tulis pertama kali tadi, yaitu 4567 (dari contoh diatas).
  • Tambahkan lagi dengan 4 digit terakhir dari nomor yang ditulis pertama kali.
  • Dikurangi dengan 250.
  • Dibagi 2.
  • Bingoooooo! Anda akan mendapatkan nomor yang ditulis oleh masing-masing peserta
  • Supaya lebih menarik  permainan ini dapat dimodifikasi sehingga fasilitator dapat membuat perhatian peserta menjadi terpusat.
  • Selanjutnya ambil fasilitator berdiskusi dengan peserta mengambil pelarajan dari permainan tersebut.
hai kawan selamat datang di blog sederhana yang berisi tentang aneka games atau permainan yang biasa digunakan di acara-acara pelatihan baik pelatihan di dalam ruangan (indoor) maupun acara di luar ruang (outdoor) atau sering disebut outbond. Tulisan ini berasal dari buku-buku pelatihan yang ditulis oleh para trainer handal serta pengalaman penulis sendiri yang bekerja di Yayasan Progresif, sebuah yayasan yang didedikasikan untuk pemberdayaan sumber daya manusia yang berkualitas. Tidak bermaksud mengajari tapi dengan berbagi walau sedikit semoga membawa keberkahan untuk kita semua.